Pentingnya Mengetahui Perbedaan Freon AC

  • April 8, 2019

AC atau pendingin ruangan sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di lingkungan berhawa panas. Namun, tidak banyak orang tau kalau terdapat komponen pada AC yang dapat memberikan efek pemanasan global atau yang dikenal dengan istilah global warming. Freon AC, aladah salah satu komponen penting yang terdapat pada AC yang beredar luas di masyarakat masa kini.

Selain Freon AC ini memiliki fungsi sebagai pendingin, Freon juga berpotensi menyebabkan pemanasan global. Sebagai masyarakat yang aktif menggunakan AC dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita harus bijak menyikapi hal ini. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis freon pada AC yang baik atau ramah lingkungan untuk kita gunakan.

Secara tidak kita sadari, bahwa memilih AC yang tidak tepat dapat mencemari lingkungan. Hal tersebut menjadi sangat penting agar kita teliti sebelum membeli AC, perlu kita ketahui Freon Ac jenis apa yang digunakan pada AC tersebut. Freon atau refrigeran adalah cairan pada AC yang berubah bentuk dari cair ke gas ketika proses penyerapan panas, dan akan kembali menjadi cair pada saat kompresor mengompresnya ke luar.

Pilihan Freon AC atau refrigeran yang baik, dibuat berdasarkan sifat termodinamika non korosif terhadap alam serta tidak beracun dan juga tidak mudah terbakar. Pada abad 20-an jenis refrigeran CFC sangat populer digunakan sebagai komponen AC yang berguna sebagai pendingin. Namun, karena penggunaan CFC ini sangat berpengaruh buruk terhadap penipisan lapisan ozon, maka pemerintah menghapuskan penggunaan refrigeran yang dapat menimbulkan kerusakan pada lingkungan.
Adapun upaya yang dilakukan oleh para produsen AC ialah dengan mengganti refrigeran pada AC ini dengan yang lebih ramah lingkungan. Antara lain CFC ini diganti dengan R22 yang dianggap lebih ramah lingkungan, namun pada R22 ini masih terdapat kandungan klorin yang juga dapat menyebabkan perusakan pada lapisan ozon.

Seriring perkembangan pengetahuan, adalagi Freon jenis R410A yang telah dihilangkan kandungan klorinnya. Dibandingkan dengan R22, tentunya Freon jenis R410A lebih ramah lingkungan dan tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon. Akan tetapi, Freon R410A tetap saja masih dapat menyebabkan pemanasan global.

Selain dari R22 dan R410A, kini terdapat juga jenis Freon AC yang lebih ramah lingkungan serta tidak menyebabkan penipisan lapisan ozon. Jenis Freon R32 adalah Freon yang disarankan penggunannya. Disamping itu, jenis Freon R32 juga lebih rendah potensi pemansan globalnya jika dingandingkan dengan R22 atau R410A. Itulah sebabnya sangat penting bagi kita untuk dapat memilih AC dengan jenis Freon yang ramah lingkungan, serta Freon AC yang tidak menyebabkan pemanasan global.

Adam

E-mail : admin@pr-clanek.info

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*